Pastikan Pelunasan BPIH Lancar, Kakanwil Sambangi Bank di Makassar

0
10

HARIANSULSEL.COM, Makassar – Sejak Terbitnya Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 8 Tahun 2019 tentang Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji ( BPIH) untuk Musim Haji Tahun 1440H/2019M, Pihak Kanwil Kementerian Agama Prov. Sulsel melalui Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) bergerak cepat mensosialisasikan informasi terkait hal ini ke seluruh jajarannya sampai level terkecil di daerah, hal ini dimaksudkan agar para Jemaah Calon Haji yang sudah masuk dalam “radar” quota keberangkatan tahun ini bisa segera mengetahui dan selanjutnya segera mempersiapkan diri untuk melakukan pelunasan di Bank tempat setoran awal hajinya dilakukan sebelumnya.

Untuk memastikan proses pelunasan tersebut berjalan lancar, Kakanwil Kemenag Prov. Sulsel Anwar Abubakar hari ini (Jumat, 22 Maret 2019) didampingi Kabid PHU Kaswad Sartono dan Kakan Kemenag Kota Makassar M. Arsyad Ambo Tuo terjun langsung memantau proses pelunasan BPIH, salah satu yang menjadi target pemantauan hari ini adalah di Bank BRI Syariah yang berlokasi di Jlan AP. Pettarani Kota Makassar.

Kedatangan Kakanwil bersama Rombongan di salah satu Bank “Plat Merah” ini disambut langsung Kepala Cabang BRI Syariah Kota Makassar Bambang Sutedjo beserta jajarannya.

sebagaimana diketahui, Pelunasan BPIH tahap pertama akan berlangsung dari tanggal 19 Maret-15 April 2019 dan tahap kedua mulai tanggal 30 April – 10 Mei 2019. Pelunasan BPIH ini dilakukan dengan mata uang rupiah,” kata Kabid PHU Kanwil Kemenag Sulsel Kaswad Sartono menjelaskan.

Kaswad Juga menyampaikan bahwa BPIH disetorkan ke rekening atas nama Badan Pengelola Keuangan Haji di Bank Penerima Setoran (BPS) BPIH secara tunai melalui teller atau non-teller, artinya fasilitas untuk melakukan pelunasan selain setur tunai langsung melalui teller, Jemaah Calon Haji juga bisa melakukannya dalam bentuk lain seperti Via ATM, Internet Banking, M Bangking atau Transfer, ini salah satu bentuk kemudahan Pelayanan tahun ini yang diberikan kepada JCH oleh Pemerintah.

sementara itu, Kakanwil usai melakukan Pemantauan yang dimana Beliau juga sempat berbincang bincang dengan sejumlah CJH yang akan melakukan pelunasan mengatakan bahwa pelaksanaan pelunasan BPIH berjalan lancar, “Inovasi pelunasan BPIH non-teller (ATM, internet banking, mobile banking) sangat membantu jemaah yang mengalami kesulitan dalam proses pembayaran, misalkan terkendala waktu maupun jarak,” tutur Anwar Abubakar

Beliau juga berharap, Agar Pihak Bank Penerima Setoran Haji bisa lebih meningkatkan dan memaksimalkan pelayanannya kepada para JCH baik yang bermaksud melakukan pelunasan BPIH maupun yang baru melakukan setoran awal haji, bila ini dilakukan Insya Allah Berberkah, karena yang dilayani ini adalah Tamu Tamu Allah SWT yang akan melaksanakan Ibadah, Harap  Kakanwil.

menurut Data pertanggal Kamis, 21 Maret 2019 kemarin, Jumlah Jemaah Calon Haji di Sulsel yang sudah melakukan pelunasan BPIH sebanyak 1.358 orang dari jumlah Kuota haji keseluruhan untu Sulsel tahun ini sebanyak 7.296 orang JCH, artinya masih ada sekitar 5.938 orang JCH yang belum melakukan pelunasan, semoga sampai batas akhir jadwal pelunasan Tahap Pertama ini, Seluruh Jemaah Calon Haji kita sudah melakukan Pelunasan BPIH, Ungkap Kakanwil.

Dalam kunjungan Kakanwil tersebut disepakati juga sebuah rencana kerjasama dalam bentuk kegiatan Safari Ramadhan di Bulan Ramadhan nanti dimana salah satu agendanya adalah melakukan pembinaan umat ke sejumlah daerah yang dianggap “miskin” baik itu miskin secara ekonomi maupun miskin secara aqidah, Papar Kaswad Sartono. (and/hariansulsel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here