Tingkatkan Penelitian Dosen, Unibos Hadirkan Ahli Bahas tentang Tips dan Trick Raih Hibah Penelitian

HARIANSULSEL.COM, Makassar – Dalam rangka peningkatan kualitas penulisan proposal penelitian bagi dosen Universitas Bosowa, Direktorat Riset, Inovasi dan Pemberdayaan Masyarakat menghadirkan Dr. Abd Rahim, S.P., M.Si. salah satu penulis proposal penelitian berprestasi sebagai pemateri dalam pelatihan penulisan proposal penelitian yang berlangsung di Ruang Rapat Senat Lt.9, Senin (4/3/2024).

Pelatihan penulisan proposal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat ini akan berlangsung hingga Selasa (5/3) mendatang.

Pada kesempatan hari ini, Dr. Abd Rahim, S.P., M.Si. selaku pemateri akan membawakan materi Tips dan Trik Raih Hibah Penelitian DRPTM 2024 yang didampingi oleh Ahmad Swandi, S.Pd., M.Si.P. selaku moderator.

Dalam pemberian materinya, Dr. Abd Rahim, S.P., M.Si. memberikan gambaran terkait kepakaran seorang dosen sebagai peneliti serta hal yang turut mempengaruhi hal tersebut.

“Penelitian yang baik juga dipengaruhi oleh kepakaran dari penelitinya. Ketika kita sebagai peneliti berfokus pada satu bidang dan melakukan banyak penelitian pada bidang tersebut, maka kita dapat semakin mengasah dan meningkatkan kepakaran kita dan berpotensi untuk lolos pendanaan pada program penelitian,” ujarnya.

Selanjutnya, ia juga membahas seputar penyebab tidak lolosnya proposal penelitian yang dibuat oleh dosen.

“Seleksi penelitian juga terbagi menjadi dua yaitu seleksi administrasi dan seleksi substansi,” tuturnya.

“Pada seleksi administrasi sangat penting untuk memperhatikan beberapa hal seperti rekam jejak ketua pengusul, mitra calon pengguna dengan bukti surat pernyataan dan kesesuaian proposal dengan buku panduan penyusunan penelitian yang diberikan,” sebutnya.

“Seleksi administrasi sangat menentukan lolos atau tidaknya proposal penelitian yang diajukan. Namun pada seleksi substansi juga tetap perlu diperhatikan beberapa poin seperti relevansi riset yang mendukung kebijakan nasional, signifikansi kebaruan penelitian, akurasi metode penelitian, kualitas referensi proposal, dan kelayakan dari rancangan anggaran belanja penelitian,” tambahnya.

Kemudian moderator menutup sesi pemberian materi dan diskusi dengan mengarahkan pada dosen untuk menghubungi reviewer internal untuk agenda coaching clinic membahas proposal yang telah disusun sebelumnya.

“Terima kasih pada bapak Dr. Abd Rahim telah meluangkan waktu untuk membawakan materi pada hari ini dan bagi bapak dan ibu dosen yang telah memiliki proposal yang ingin direview dapat menghubungi pemateri kita hari ini secara pribadi maupun reviewer internal kita yakni bapak rektor Unibos dan bapak Direktur Pascasarjana Unibos,” tutupnya. (and/hs)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *