Tingkatkan Produktivitas Ternak di Jeneponto, Dosen UIM Ciptakan Mesin Penggiling Tepung Ikan


HARIANSULSEL.COM, Makassar Universitas Islam Makassar merupakan perguruan tinggi di Sulawesi Selatan yang terus berkontribusi kepada masyarakat sebagai salah satu dari wujud pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi.

Hal tersebut dibuktikan melalui kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang lolos dari Kementerian Ristek Dikti 2019 berjudul “Perangcangan Mesin Penggiling Tepung Ikan Kabupaten Jeneponto Tahun 2019” Dosen Teknik Universitas Islam Makassar yang dipimpin oleh Dr Saripuddin Muddin pada tanggal 20-21 September 2019.

Menurut Saripuddin, Kegiatan yang dipusatkan di Kelurahan Pabiringa Kecamatan Binamu tersebut adalah merupakan wilayah pesisir yang potensi sumber daya alamnya seperti ikan, sangat melimpah, sehingga ikan yang tinggal tidak terjual dan menjadi tidak layak dikonsumsi, biasanya nelayan membuangnya.

“Disi lain, harga pakan ikan dan ternak semakin tinggi, begitupun kurangnya sosialisasi pemanfaatan limbah ikan yang layak dikonsumsi menjadi produk bernilai ekonomi, serta kurangnya pengetahuan dan keterampilan masyarakat tentang teknologi tepat guna, menjadi latar belakang hadirnya ide merangcang mesin penggiling tepun ikan” Papar Saripuddin yang juga alumni program doktor Unhas.

Kegiatan ini melibatkan beberapa pakar selain Dr Saripuddin ahli konstruksi mesin), yaitu Dr Suradi (ahli manajemen industri) dan Arwansjah (ahli agronomi).

“Adapun target kegiatan ini adalah meningkatkan produktivitas ternak, memberikan pengetahuan teknologi kepada masyarakat, tersedianyaa pakan ternak dan menciptakan lapangan kerja baru” tutup Saripuddin. (Nur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *