Rektor UMI Perkuat Desa Binaan dan Program Inovasi

HARIANSULSEL.COM, Makassar – Rektor Universitas Muslim Indonesia, Prof Basri Modding, didampingi Wakil Rektor I, Hanafi Ashad dan Wakil Rektor V, Prof Hatta Fattah, setelah menghadiri HUT ke 59 Pinrang melanjutkan perjalanan melihat salah satu desa binaan UMI yang ada di Kabupaten Pinrang yaitu Desa Wiringtasi Kec. Suppa (19/2)

Kunjungan yang diterima Desa Wiringtasi Kec. Suppa, A. Dewi ini bertujuan untuk melihat secara dekat kondisi di lapangan dengan potensi desa yang dapat dikembangkan dengan penguatan BUMdes. Rektor UMI berdialog bersama aparat desa, pelaku usaha, pengelola BUMdes Kawasan Luwita dengan suasana kekeluargaan.

Basri Modding mengatakan bahwa kami akan melaksanakan program revitalisasi Desa Binaan melalui Pengarusutamaan Peran BUMDes. Kajian pengembangan UMI merekomendasikan pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sebagai instrumen kunci mempercepat kemajuan desa dan kesejehteraan masyarakat pedesaan.

Guru besar Fak Ekonomi UMI ini menambahkan bahwa program BUMDes akan mendorong secara simultan percepatan pembangunan dan kemajuan desa, akselerasi kesejahteraan masyarakat serta peningkatan partisipasi masyarakat desa dan stakeholders. BUMDes Bersama empat desa yakni Tasiwalie, Wiringtasi, Ujung Lero, dan Ujung Labuan di Kecamatan Suppa, Kabupaten Pinrang yang dikenal sebagai Kawasan Luwita dipandang strategis karena telah menjadi kawasan pembinaan UMI sejak tahun 2005.

Wakil Rektor V UMI, Hatta Fattah, menambahkan bahwa program ini merupakan tindak lanjut dari assessment Ditjen Penguatan Inovasi Kemenristek tanggal 11 Pebruari 2019 di UMI. Hasil assessment Ditjen Penguatan Inovasi Kemenristekdikti merekomendasikan UMI bekerjasama dengan Pemkab Pinrang dan Pemprov Sulawesi Selatan pada pengembangan Teaching Industri: Pinrang Phronima Suppa Biomass Industry sebagai Klaster Baru Inovasi di Indonesia.

Insya Allah, tahap awal UMI akan memberikan dukungan dalam bentuk penguatan manajemen BUMDes Bersama di Kawasan Luwita melalui penguatan kelembagaan dan tata organisasi, peningkatan kapasitas SDM pengelola, penguatan akses pasar dan keuangan serta pengembangan jejaring untuk mewujudkan BUMDes menjadi pilar pembangunan daerah dan nasional.

Sementara itu Kepala Desa Wiringtasi, berterima kasih atas kunjungan Rektor UMI bersama rombongan. Tentunya program BUMdes akan mendorong secara simultan percepatan pembangunan dan kemajuan desa kami. Kami bersama masyarakat berterima kasih kepada UMI yang sejak 2005 telah menjadikan desa kami sebagai salah satu binaan UMI dan banyak hal yang UMI telah lakukan untuk pengembangan desa kami dengan berbagai program termasuk peningkatan kualitas sdm dan memacu kesejahteraan ekonomi masyarakat kami. (and)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *