Empat Hal yang Disunnahkan Ketika Terjadi Gerhana

HARIANSULSEL.COM, Makassar – Terjadinya gerhana matahari atau gerhana bulan adalah murni tanda-tanda kekuasaan Allah swt. Bukan tanda-tanda kematian seseorang, kelahirannya atau pemutaran-suara lainnya.
Hal ini pun telah ditegaskan oleh Nabi Saw. di dalam sabdanya dimana kompilasi yang terjadi gerhana Matahari yang bertepatan dengan kematian putra Nabi Saw. bernama Ibrahim.
Dan orang-orang banyak yang menyangka bahwa fenomena alam diciptakan dari lahun-lamanya. Mendengar hal itu Nabi Saw. bersabda:
إن الشمس والقمر آيتان من آيات الله لا ينكسفان لموت أحد ولا لحياته فإذا رأيتموهما فادعوا الله وصلوا حتى تنكشف (متفق عليه)
Sesungguhnya Matahari dan Bulan adalah dua tanda dari arti (kekuasaan) Allah, keduanya tidak sedang mengalami gerhana karena matinya dan perjalanan seseorang. Maka jika kalian melihat, berdoalah kalian kepada Allah, shalatlah hingga tersingkap kembali.  Muttafaqun Alaih.
Terkait dengan fenomena gerhana tersebut, ada hal-hal yang disunnahkan yang kompilasi terjadi gerhana matahari ( Kusufus Syams ) atau gerhana bulan ( Khusuful Qamar )?
Hal-hal yang disunnahkan ketika terjadi gerhana Matahari atau Bulan adalah:
  1. Mandi
Dimaksud yang telah disampaikan oleh para ulama di dalam kitab-kitab fikih bahwa salah satu mandi-mandi yang disunnahkan adalah untuk shalat gerhana matahari atau bulan.
Diantaranya dihapus oleh Syekh Wahbah Al Zuhaili di dalam kitab Alfiqh Al Islami Wa Adillatuhu
ويسن الغسل لها, كما تقدم بيانه في بحث الأغسال المسنونة; لأنها صلاة يشرع لها الاجتماع, والخطبة عند الشافعية, والوعظ ندبا عند المالكية, فيسن لها الغسل, كصلاة الجمعة والعيدين.
Dan disunahkan mandi untuk melakukan salat gerhana Matahari atau Bulan, yang telah digunakan dalam pembahasan mandi-mandi yang disunnahkan. Karena salat gerhana Matahari atau Bulan adalah salat yang disyariatkan untuk kumpul bersama melaksananyanya, disunnahkan pula dengan menggunakan khotbah menurut ulama Syafiiyyah dan sedia nasehat menurut ulama Malikiyyah, maka disunnirman mandi untuk salat Gerhana Matahari atau Bulan seperti salat Jumat dan dua hari raya.
Oleh karena itu, sebelum melakukan pergi salat gerhana Matahari atau Bulan disunnahkan mandi sunnah terlebih dahulu seperti mencampur akan salat Jumat atau salat idulfitri / iduladha. Yakni harus meratakan udara dari ujung rambut sampai ujung kaki.
Adapun niat mandinya adalah
نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِكُسُوْفِ الشَّمْسِ سُنَّةً لِلهِ تَعَالَى
Saya berupaya mandi gerhana Matahari Sunnah karena Allah Ta’ala
نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِخُسُوْفِ القَمَرِ سُنَّةً لِلهِ تَعَالَى
Saya mencoba mandi gerhana Bulan sunnah karena Allah Ta’ala
  1. Salat sunah berjamaah
Selain itu, Nabi Saw. agama islam untuk melakukan salat dua rakaat setelah terjadi gerhana Matahari atau Bulan. Salat gerhana Matahari dan Bulan ini dihukumi sunnah, tidak wajib.
Hal ini berdasarkan hadis Nabi Saw. di dalam Sahih Al Bukhari dan Muslim di mana Nabi Saw. Dipertanyakan oleh seorang sahabat tentang migrasi Muslim Islam selain rukun Islam yang lima
قَالَ هَلْ عَلَيَّ غَيْرُهَا قَالَ لَا إِلَّا أَنْ تَطَوَّعَ
Ia berkata: Apakah Ada yang Wajib Bagi Saya Selain (Septu Hal) ini? Nabi Saw. menjawab: “Tidak hanya saja sunnah saja.”
Salat gerhana ini yang disebut oleh Syekh Wahbah Al Zainaili dalam kitabnya bahwa disunnahkkan untuk orang islam, baik yang sedang dalam perjalanan atau tidak, laki-laki atau perempuan, orang tua atau anak-anak. Terlebih lagi disarankan bagi orang yang diwajibkan untuk salat jumat.
وتشرع بلا أذان ولا إقامة وتسن فيها الجماعة, ويندب أن ينادى لها: «الصلاة جامعة»; لأن النبي صلى الله عليه وسلم «بعث مناديا ينادي: الصلاة جامعة .وتصلى جماعة أو فرادى, سرا أو جهرا, بخطبة أو بلا خطبة, على التفصيل الآتي بين المذاهب ، لكن فعلها في مسجد الجمعة والجماعة أفضل ؛ لأن النبي صلّى الله عليه وسلم صلى في المسجد
Disyariatkan dengan tanpa adzan dan iqamat. Serta disunahkan dilakukan dengan berjamaah. Dianjurkan membuat panggilan untuk salat dengan bacaan “Sebagai Salatu Jamiah” karena Nabi Saw. mengutus sahabat yang mengeluarkan untuk memanggil (waktu itu) dengan mengucapkan “As Salatu Jamiah”.
Salat gerhana (pada dasarnya) boleh dilakukan baik dengan berjamaah atau sendiri-sendiri, dengan bacaan yang lirih atau keras, dengan khutbah atau tidak. Yang telah menjelaskan singkatnya antara pendapat ulama madzhab.
Contoh salat gerhana yang dilakukan di dalam masjid yang biasa digunakan untuk salat jumat dengan berjamaah itu lebih utama karena Nabi Saw. salat di dalam masjid.
  1. Khutbah
Salah satu hal yang disunnahkan di dalam salat gerhana adalah khutbah setelah salat. Imam Nawawi di dalam kitab Al Adzkar berkata:
ويسن الجهر بالقراءة في كسوف القمر, ويستحب الإسرار في كسوف الشمس, ثم بعد الصلاة يخطب خطبتين يخوفهم فيهما بالله تعالى, ويحثهم على طاعة الله تعالى, وعلى الصدقة والإعتاق, فقد صح ذلك في الأحاديث المشهورة, ويحثهم أيضا على شكر نعم الله تعالى, ويحذرهم الغفلة والاغترار.
Dan disunahkan mengeraskan bacaan di dalam salat gerhana Bulan, melirihkan bacaan di dalam salat gerhana Matahari kemudian setelah salat imam berkhotbah dengan dua kali khotbah yang menganjurkan jemaah agar takut kepada Allah swt.
Disunahkan juga memotifasi mereka untuk taat kepada Allah swt, sedekah, memerdekakan budak (waktu itu), maka sungguh hal-hal tersebut telah sahih di hadis-hadis yang masyhur.
Selain itu disunahkan memotivasi mereka juga untuk bersyukur atas nikmat Allah Swt. dan mewaspadai mereka dari sifat lalai dan penipu.
  1. Memperbanyak sedekah, dzikir dan doa
Aisyah ra meriwayatkan hadis bahwasannya Rasulullah saw. bersabda:
إن الشمس والقمر آيتان من آيات الله لا يخسفان لموت أحد ولا لحياته ، فإذا رأيتم ذلك فادعوا الله تعالى وكبروا وتصدقوا.
Sesungguhnya Matahari dan Bulan adalah dua tanda dari salah satu tanda Allah yang muncul bukan karena mati atau hidup seseorang, jika Anda melihat, berdoalah kepada Allah ta’ala, bertakbirlah dan sedekahlah . (HR. Al Bukhari dan Muslim).
Masih banyak pula riwayat-riwayat dari Ibnu Abbas, Abu Musa Al Asyari, Al Mughirah bin Syu’bah dan Abi Bakrah di dalam Shahih Al Bukhari dan Shahih Muslim yang meriwayatkan hadis Nabi Saw. akan anjuran untuk doa, berdzikir, dan beristigfar meminta ampunan Allah untuk mencipta ulang gerhana Matahari atau Bulan.
Selengkapnya, klik di sini
Sumber: islami.co

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *