Pengabdian Masyarakat, Dosen FKIP UIM latih IRT Membaca Huruf Latin dan Alquran

0
287

HARIANSULSEL.COM, Barru – Ibu Rumah Tangga di Desa Siawung Kabupaten Barru sangat antusias mengikuti kegiatan pelatihan peningkatan pengetahuan baca tulis huruf latin dan Alquran yang diselengarakan dosen FKIP UIM sebagai salah satu bentuk Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Desa Siawung Kabupaten Barru Ahad 1 September 2019.

Kegiatan peningkatan baca tulis huruf latin dan alquran merupakan realisasi dari kegiatan PKM yang telah ditetapkan Ditjen Risbang Kementerian Ristek Dikti tahun anggaran 2019. Kegiatan tersebut dihadiri langsung ketua TIM Penggerak PKK Desa Siawung.

Ketua PKK Rahmiati Syafei, S. Sos. dalam sambutannya mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan di Desa Siawung dalam meningkatkan pengetahuan baca tulis huruf latin dan Alquran yang dilaksanakan tim dosen dari FKIP UIM.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan PKM yang dilakukan oleh dosen dari FKIP UIM, hal tersebut sejalan dengan visi dan misi Desa Siawung Kab Barru yang ingin mewujudkan masyarakat menjadi orang yang berpengetahuan dan bermartabat” Pungkasnya.

Lanjut Rahmiati membeberkan bahwa di Desa Siawung masih banyak Ibu Rumah Tangga yang tergolong buta aksara, hal tersebut dikarenakan karena faktor alam.

“Dulu daerah ini sangat terisolasi, sehingga banyak masyarakat yang tidak menempuh pendidikan, karena akses ke sekolah yang jauh. Hal itulah yang menyebabkan banyak IRT yang gagal paham dalam membaca dan kurang fasih membaca alquran atau mengaji” jelasnya.

Ketua Tim PKM FKIP UIM Supriadi, S.Pd., M.Pd. menambahkan bahwa kegiatan PKM yang diselenggarakan wujud dari tanggungjawabnya sebagai dosen. Selain itu visi dan misi kampus Universitas Islam Makassar sebagai kampus NU yang senantiasa menyebarkan nilai-nilai Islam berdasarkan dengan ahlusunna waljamaah annahdliyah.

“Ini adalah kewajiban kami selaku dosen dalam melaksanakan tridharma perguruan tinggi, selain pengajaran dan penelitian, kegiatan PKM juga harus kami laksanakan. Untuk kegiatan ini kami laksanakan beberapa hari, mulai dari penyampaian materi sampai dengan pendampingan menulis” terang Ketua Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UIM.

Ketua Prodi yang telah mengantar Akreditasi B Pertama pada prodinya berharap dengan adanya kegiatan ini, IRT di Desa Siawung minimal mampu menulis namanya dengan baik serta mampu mengaji dengan lafal yang baik juga.

“target kami itu adalah IRT dapat menulis namanya, misalnya menulis namanya di undangan pada saat IRT mau ke penikahan. Jangan lagi tergantun sama anak atau cucunya. Bukan hanya itu dengan adanya kegiatan PKM ini, IRT bisa mengaji dengan lafal-lafal yang benar” harap supriadi.

Salah satu peserta pelatihan, Iraisa mengatakan sangat terbantu dan menyukai kegiatan ini, dia berharap agar kegiatan pendampingan dan bimbingan membaca huruf latin dan alquran rutin dilaksanakan di desanya agar pengetahuan masyarakat dalam memahami huruf latin dan mengaji dapat meningkat.(Nur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here