Sekretaris Majelis Akreditasi BAN-PT beri Kuliah Umum di UIM

0
30

HARIANSULSEL.COM, Makassar – Sekretaris Majelis Akreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan tinggi (BAN-PT), Prof Imam Buchori memberikan kuliah umum dihadapan dosen dan mahasiswa dalam lingkungan Universitas Islam Makassar yang bertema “Tata Cara Penulisan dan Submit Artikel Ilmiah ke Jurnal Internasional Bereputasi”, Kamis (15/3/2019) di Aula Kantor PWNU lantai 4. Kuliah Umum dihadiri oleh sekitar 50 orang peserta yang terdiri dari Pimpinan Fakultas/Pascasarjana, Dosen dan Mahasiswa UIM.

Sambutan mewakili Rektor UIM oleh Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian UIM Musdalifah Mahmud menyampaikan “Penyelenggaraan Kuliah Umum ini dilandasi pemikiran bahwa penguasaan dan teknik penulisan artikel ilmiah menjadi kunci yang harus dikuasai oleh peneliti agar karya tulis ilmiahnya dapat dimuat ke Jurnal internasional bereputasi. Dengan pelaksanaan Kuliah Umum ini, para dosen diharapkan terdorong untuk dapat lebih produktif menulis dan menyampaikan karya tulis ilmiahnya ke Jurnal Internasional. Dengan demikian ke depan diharapkan agar lebih banyak lagi karya tulis ilmiah dosen yang dimuat di Jurnal Internasional bereputasi.

Sementara itu, Prof. Imam Bochari menyampaikan “Publikasi ilmiah dalam jurnal bereputasi sudah menjadi kewajiban dan tuntuan dari pemerintah yang harus dipenuhi oleh setiap dosen. Hal ini sebenarnya sudah sejalan dengan tridharma perguruan tinggi, khususnya unsur penelitian. Kewajiban penelitian dan publikasi ilmiah sudah jadi bagian dari setiap proses kenaikan jabatan fungsional akademik, dan semakin hangat dibahas saat keluarnya Permenristekdikti No. 20 Tahun 2017 tentang Pemberian Tunjangan Profesi Dosen dan Tunjangan Kehormatan Profesor. Bahasan utama dari Permenristekdikti No. 20 Tahun 2017 adalah tentang “Kewajiban Publikasi Ilmiah dalam jurnal internasional bereputasi”.

Tak lupa Prof. Imam Bochari mengingatkan kepada dosen agar berhati-hati dalam proses memilih jurnal dan penerbit dikarenakan banyaknya pihak yang ingin memanfaatkan situasi ini untuk mencari uang, padahal jurnalnya fiktif atau biasa disebut predator jurnal. Ungkap Prof. Bochari yang juga Guru Besar Universitas Diponegoro.

Kegiatan kuliah Umum diakhiri dengan penyerahan cendramata dari kampus UIM ke Prof. Imam Bochari oleh Wakil Rektor II UIM Dr. Saripuddin Muddin.

Nampak hadir Wakil Rektor II UIM Dr. Saripuddin Muddin, Asisten Direktur PPs Prof. Tahir Malik, Dekan Fakultas MIPA Dr. Tahira Hasan, Wakil Dekan I FKIP Dra. Besse Mardah, serta puluhan dosen dan Mahasiswa. (Sud/And)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here