Antisipasi New Normal, FK Unibos Gandeng Bosowa Peduli Gelar Swab Tes Mandiri

0
59

HARIANSULSEL.COM, Makassar – Sebagai bentuk antisipasi menghadapi new normal life dan untuk pencegahan penularan covid-19 di Internal Yayasan Aksa Mahmud termasuk Universitas Bosowa, Politeknik Bosowa, Bosowa School, Fakultas Kedokteran Universitas Bosowa (Unibos) bersama Bosowa Peduli menyelenggarakan pengambilan sampel swab atau polymerase chain reaction (PCR) untuk mendeteksi virus corona. Kegiatan ini telah dilaksanakan selama lima sesi dalam bulan Juni 2020 ini, Senin (15/6)

Setiap sesi pengambilan sampel dalam swab tes diikuti kurang lebih 50 peserta dari kalangan pimpinan, dosen, guru dan karyawan. Kegiatan ini dilaksanakan di Klinik Pratama Bosowa, Jl. Urip Sumoharjo Km.4 Makassar.

Sebelum pengambilan sampel dalam swab tes ini, para tenaga medis diberi pelatihan oleh Balai Besar Laboratorium Keuangan (BBLK) Makassar. Kegiatan ini turut dihadiri oleh Ketua Yayasan Aksa Mahmud Melinda aksa, Rektor Unibos Prof. Saleh Pallu, Dewan Pembina Bosowa Peduli Munafri Arifuddin, dr. Aswan Usman selaku kepala BBLK Makassar, Dekan FK Unibos dr. Ilham Jaya Patellongi dan Direktur Bosowa Peduli, Marini, M.I.Kom.

Dekan Fakultas Kedokteran Unibos, Ilham Jaya Patellongi menjelaskan “swab tes ini dilaksanakan dalam rangka menangani kebutuhan terkait diagnosa dan identifikasi Covid-19 sejak dini pada karyawan Bosowa, agar jika ditemukan terditeksi positif untuk segera ditangani melalui isolasi mandiri”, ungkapnya.

“ini kita lakukan juga sebagai bagian dalam membantu pemerintah menangangi wabah virus ini. Salah satunya adalah dengan menyelenggarakan PCR dan swab ini. Alhamdulillah disini kita juga dibantu Bosowa Peduli khususnya dalam penyediaan sarana prasarana dan alat tes”, tambahnya.

Selain itu Direktur Bosowa Peduli Marini, mengatakan “kegiatan ini adalah bentuk kepedulian dari kami Bosowa dan ini merupakan bentuk inisiatif ibu ketua yayasan kami ibu melinda aksa agar bisa melakukan pencegahan penularan Covid-19 khususnya di kalangan internal dan kita bekerjasama dengan unit-unit kesehatan yang kita punya seperti klinik yang ada di Semen Bosowa Maros dan juga Klinik Pratama di Universitas Bosowa” katanya. (and/hariansulsel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here