Bangun Silaturrahim, PAC GP Ansor Mallawa Kunjungi Camat dan Polsek Mallawa

0
108

HARIANSULSEL.COM, Maros – Pimpinan Anak Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Mallawa menyambangi Kantor Camat Mallawa dan Polsek Mallawa untuk bersilaturahmi dengan pimpinan di dua institusi tersebut, Kamis (25 November 2021).

Ketua Pimpinan Anak Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Mallawa, Al Ansari mengatakan kegiatan kunjungan silaturahim dengan Camat Mallawa dan Kapolsek Mallawa kali ini adalah yang pertama kali kami lakukan sejak terpilih bulan lalu melalui forum Konferensi Anak Cabang (Konferancab) Ke I GP Ansor Kecamatan Mallawa.

Kita ingin membangun komunikasi yang intensif dan produktif ke depan dengan semua stakeholder di Kecamatan Mallawa, dan berupaya membangun kolaborasi atau kerjasama demi kepentingan kemajuan kehidupan masyarakat banyak, kata Mahasiswa UMI Makassar tersebut.

Secara spesifik kami mendiskusikan eksistensi Khilafatul Muslimin Mallawa dan meminta Camat dan Kapolsek Mallawa agar serius memonitor keberadaan kelompok ini, karena kuat dugaan kami kelompok ini anti Pancasila dan NKRI, tandas Al Ansari.

Organisasi khilafatul Muslimin ini harus diperiksa legalitasnya badan hukumnya, izin operasional rumah tahfidznya dan lain sebagainya, jika terbukti melanggar hukum maka harus segera dibekukan segala aktivitasnya, karena kehadirannya sudah cukup meresahkan masyarakat, jelasnya.

Sementara itu, Camat Mallawa, Kamaluddin Syam mengucapkan terima kasih atas kunjungan silaturahmi dari pengurus PAC GP Ansor Kecamatan Mallawa, dengan silaturahmi ini kita bisa saling kenal, kedepan bisa intens berdiskusi dan saling bekerja sama untuk kepentingan masyarakat banyak.

Pemerintah Kecamatan Mallawa siap berkolaborasi dan mendukung penuh setiap gerakan dan kegiatan GP Ansor di Kecamatan Mallawa ini, jelasnya.

Terkait keberadaan Khilafatul Muslimin di Mallawa, Camat Mallawa mengatakan bahwa Informasi yang masuk ke pemerintah kecamatan awalnya kegiatan dari organisasi Khilafatul Muslimin adalah pesantren khusus penghafal al-Qurán.

Namun, terkait perizinan memang kami dari pemerintah kecamatan juga belum mengeluarkan izin operasional karena belum adanya rekomendasi di tingkat kabupaten, tambahnya.

Kami telah melakukan koordinasi terkait izin operasionalnya, namun menurut pengelolanya mengatakan bahwa surat izin dari kabupaten sementara di proses, lanjutnya.

Kedepan, kami dari pemerintah kecamatan siap memfasilitasi pertemuan antar tokoh agama kecamatan Mallawa bersama dengan Organisasi Khilafatul Muslimin agar semua informasi yang beredar dapat diperjelas di forum tersebut, harapnya.

Sementara itu, Kapolsek Mallawa, Iptu Makmur dalam kesempatan silaturahmi yang sama dengan pengurus PAC GP Ansor Mallawa, mengatakan kesiapannya membangun kerjasama dalam upaya menjaga stabilitas kamtibmas di wilayah hukum Polres Mallawa.

GP Ansor Mallawa adalah elemen penting dari pemuda yang memiliki peran yang nyata dan konkret dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), lanjutnya.

Sedangkan dari pihak kepolisian, dalam hal ini Polsek Mallawa mengapresiasi dan mendukung penuh upaya yang dilakukan oleh PAC Ansor Mallawa dan siap selalu dalam berkolaborasi apalagi tujuannya untuk menjadikan kecamatan mallawa yang aman dan damai.

Terkait aktifitas yang dilakukan oleh Khilafatul Muslimin, kami dari kepolisian sampai sekarang masih dalam proses pemantauan terhadap kegiatan yang dijalankan.

Sampai saat ini, kami belum bisa melarang kegiatan yang dijalankan oleh Khilafatul Muslimin, karena belum ada surat resmi dari instansi yang mempunyai wewenang dalam hal ini Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Maros dan Juga Kesbangpol, jelasnya. (and/hariansulsel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here