Digelar Hybrid, Pembukaan Konferwil Pergunu Sulsel Berlangsung Khidmat dan Meriah

0
73

HARIANSULSEL.COM, Bulukumba – Konferensi Wilayah (Konferwil) Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Sulawesi Selatan (Sulsel) telah dibuka di Same Resort Hotel, Bira, Bulukumba. Konferwil ke III ini berjalan khidmat dan meriah. Sabtu, (9/10/2021).

Acara dimulai dengan melantunkan lagu Indonesia Raya dan mars Pergunu, Pembacaan Ayat Suci Al Quran serta Pembacaan Sholawat.

Kegiatan pembukaan ini sendiri digelar secara hybrid yakni daring dan luring, meski begitu, ratusan peserta dan penggembira membanjiri kawasan Same Resort dan sekitarnya, yang merupakan Pengurus Pergunu Kabupaten-Kota di Sulsel.

Kegiatan ini dihadiri Ketua Umum PP Pergunu, Prof Asep Saefuddin, Ketua PWNU Sulsel, KH Hamzah Harun, Pengurus PP Pergunu yang juga Kanwil Kemenag Sulsel, Khaeroni, Ketua PW Pegunu Sulsel, Wahid Tahir, Staf Ahli Bupati Bulukumba Bidang SDM, Darmawati. Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin, Marjuni. Kepala Kankemenag Bulukumba, Muhammad Yunus, Ketua PCNU Bulukumba, KH Abd Hakim Bohari.

Dalam sambutannya, Ketua Pergunu Sulsel, Wahid Tahir menyampaikan sejumlah kiprah dan dedikasi Pergunu selama empat tahun lebih terkahir ini di Sulsel. Ia pun berharap Kolaborasi Pergunu Sulsel dengan sejumlah pihak mesti semakin ditingkatkan.

“Semoga kolaborasi bisa ditingkatkan dalam bentuk MOU peningkatan SDM dengan Kementerian Agama, dengan Kampus seperti Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin dan pihak lainnya,” terangnya.

Ketua PWNU Sulsel KH Hamzah Harun menyampaikan, agenda lima tahunan yang bertajuk Pergunu Bangkit Pendidikan Berkualitas itu harus menjadi momentum bagi Guru yang tergabung dalam Pergunu untuk semakin meningkatkan sikap moderat, toleran, seimbang dan proporsional.

“Pergunu juga harus bisa menyampaikan secara rasional penjelasan yag baik terkait akulturasi antara budaya dan agama di tengah tengah masyarakat. Pergunu juga punya tanggung jawab peningkatan SDM dan Semoga ini menjadi orientasi dalam Konferwil kali ini,” harapnya.

Pada kesempatan itu, Pengurus PP Pergunu yang juga Kanwil Kemenag Sulsel, Khaeroni menyampaikan apresiasi dan berharap Pergunu Sulsel dapat melakukan reorentasi reaktualisasi bagi kemajuan Pergunu Sulsel kedepan.

Sementara, Ketua Umum PP Pergunu Prof Asep Saefuddin menekankan Konsolidasi bagi organisasi ini semakin baik dan dapat ditingkatkan di masa mendatang.

Staf Ahli Bupati Bulukumba, Darmawati dalam sambutan tertulis Bupati berharap Pergunu dapat terus mendukung dan berperan serta dalam bersinergi menyukseskan berbagai program pembangunan dan pendidikan terutama di Bulukumba.

Pelaksanaan Konferwil mematuhi protokol kesehatan. Agenda ini merupakan perhelatan tertinggi lima tahunan. Selain akan memilih ketua periode berikutnya, sejumlah isyu strategis terkait guru, pendidikan dan hal terkait akan menjadi pembahasan pada kegiatan yang akan berlangsung dua hari tersebut. (and/hariansulsel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here