Gus Muwafiq Sebut Islamnya Santri Islam Indonesia

0
109

HARIANSUSEL.COM, Makassar – Dai kondang asal Yogyakarta, KH Ahmad Muwafiq atau akrab disapa Gus Muwafiq memperkenalkan istilah yang unik di hadapan ribuan jamaah pengajiaannya. Istilah yang dimaksud adalah ‘Islam Santri’ untuk merujuk pada cara keberislaman masyarakat Muslim Indonesia yang secara umum pernah mengenyam Pendidikan Islam di pondok pesantren, langar-langgar, musholla maupun di surau. Menurut Gus Muwafiq, Islam Santri adalah Islam yang berbunga-bunga dan memberikan senyuman yang ramah dan cinta terhadap setiap makhluk ciptaan Allah Swt.

Kiai kondang yang kerapkali diundang ke berbagai pelosok Tanah Air, bahkan di dunia ini menjelaskan bahwa Islam hakikatnya menebarkan kedamaian bagi sesama umat manusia. Menurutnya, santri hadir sebagai representasi dari khalifah fil ardi, yakni menjadi wakil Allah di muka bumi. Karena menjadi wakil dari Tuhan Yang Maha Pengasih dan Penyayang, maka santri senantiasa mengedepankan akhlakul karimah dalam setiap tindak dan tuturnya.

Di hadapan ribuan jamaah yang memadati pengajiannya, Gus Muwafiq mengatakan santri senantiasa menunaikan perintah-perintah agama dan menjauhi segala larangannya. “Menjalankan perintah agama, dan berusaha membersihkan akidahnya dari perilaku syirik sebagaimana diajarkan oleh Nahdlatul Ulama (NU),” katanya di acara haflah akhirussanah Pondok Pesantren Sunan Kalijaga, Lampung Senin (29/4).

Gus Muwafiq juga menambahkan bahwa kehadiran santri senantiasa menyejukkan bagi orang lain dan tidak membuat gaduh di tengah-tengah masyarakat. Hal itu selaras dengan cara dakwah yang diajarkan para pendakwah Islam awal di tanah Nusantara. “Coba kita pelajari bagaimana Islam bisa masuk dan berkembang pesat di Indonesia dengan perjuangan dan peninggalan gaya dakwah Walisongo,” pungkasnya.

Sumber: IslamRamah.co dengan judul asli Gus Muwafiq: Islamnya Santri Islam Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here