Kiai Said Aqil Siroj: Jaga Kesucian Bulan Ramadhan

0
67

HARIANSULSEL.COM, Makassar – Bulan Ramadhan adalah rahmat bagi seluruh makhluk di muka bumi ini. Tidak ada bulan yang melebihi keutamaan-keutamaan bulan Ramadhan. Di bulan ini segala bentuk ibadah mendapatkan pahala yang berlipat-lipat. Karena itu, Ramadhan disebut sebagai bulan yang agung nan suci. Allah menjanjikan pahala berlipat ganda bagi hamba-hambaNya yang bersih hatinya dan giat ibadahnya ketika bulan Ramadhan.

Selaras dengan hal tersebut, umat Islam diminta untuk tidak mengotori kesucian Ramadhan. Menurut Prof Dr KH Said Aqil Siroj, di bulan Ramadhan hendaknya umat Islam memberikan kedamaian bagi sesama. “Di Bulan Suci Ramadhan, tidak pantas kalau kita masih saling mencaci maki, saling ujaran kebencian, saling memfitnah, tidak pantas sama sekali,” kata Kiai Said saat menyampaikan ceramah dalam multaqo ulama di Hotel Kartika Chandra, Jakarta Selatan, Jumat (3/5).

Kiai asal Cirebon yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama itu juga mengingatkan agar menjaga keagungan bulan Ramadhan dengan cara tidak menebar ketakutan, kebencian dan permusuhan di kalangan masyarakat. Rasa damai, tentram dan saling menghormati adalah keindahan bulan Ramadhan. Karena itu, umat Islam diminta untuk menghormati bulan yang begitu suci ini.

“Mari kita hormati bulan Ramadhan. Kita buang rasa permusuhan, rasa kebencian. Mari kita bangun persaudaraan. Damai, tentram, tenang, hormati satu sama lain,” pungkas Kiai

Sumber: IslamRamah.co dengan judul asli Kiai Said Aqil Siroj: Di Bulan Ramadhan Buang Rasa Permusuhan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here