Gus Sholah Ingatkan Pentingnya Sikap Toleransi

0
33

HARIANSULSEL.COM, Makassar – Umat Islam Indonesia dikenal dunia sebagai Muslim yang moderat, ramah, dan toleran terhadap segala macam perbedaan yang ada. Keberagaman yang begitu dahsyat di Indonesia tidak menjadi masalah, malahan keberagaman menjadi kekuatan masyarakat dalam merajut persataun dan kesataun bangsa. Tentu, kenyataan ini menjadi anugerah sekaligus amanah yang harus dijaga kelestariannya oleh setiap umat Islam Indonesia.

Selaras dengan hal tersebut, KH Salahudin Wahid atau Gus Sholah mengingatkan pentingnya menjaga sikap toleransi, baik kepada sesama Muslim maupun non-Muslim. Tanpa sikap toleransi, mustahil persatuan Indonesia bisa terwujud. “Saya yakin seyakin-yakinnya, persatuan Indonesia sangat tergantung kepada persatuan umat Islam. Kalau Islam di negara ini tidak bersatu, tidak mungkin Indonesia bersatu,” jelas Gus Sholah saat menjadi narasumber dalam Seminar Islam Rahmatan Lil’alamin, di Probolinggo, Jawa Timur, Selasa (01/01).

Kiai asal Jombang, Jawa Timur itu juga menambahkan, Islam adalah agama rahmat bagi semua makhluk di muka bumi ini. Maka nilai-nilai rahmat Islam harus diejawantahkan oleh setiap umat Islam dengan akhlakul karimah dan moralitas yang luhur. Di dalam nilai rahmat Islam itu adalah saling memahami perbedaan yang ada serta tidak mempersoalkan kelompok lain yang berbeda keyakinan kelompoknya.

“Penting bagi umat Islam untuk bertoleransi antar sesama Muslim maupun non-Muslim. Secara sederhana, toleransi ialah sikap saling menghargai dalam perbedaan. Sehingga tercipta Islam rahmatan lil’alamin,” tandas Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur itu.

Sumber: islamramah.co dengan judul yang berbeda Gus Sholah: Toleransi Memperkuat Persatuan Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here