Internet Medium Penyebaran Paham Ekstremisme

0
83

HARIANSULSEL.COM, Makassar – Kelompok ekstremisme menggunakan media sosial sebagai sarana penyebaran paham-paham kekerasan. Kemajuan di bidang teknologi informasi digunakan oleh kelompok ekstremis untuk merekrut anggota-anggota baru. Perlu kerjasama antar negara-negara, terutama di Kawasan Indo-Pasifik untuk mengantisipasi ancaman itu.

Hal itulah yang mengemuka dalam seminar bertema Indonesia International Defense Science Seminar yang diselenggarakan oleh Universitas Pertahanan, Senin (8/7/2019). Menurut Menteri Pertahanan Indonesia, Ryamizard Ryacudu, ancaman terorisme yang bersifat ideologis menjadi ancaman paling berbahaya saat ini. ”Kawasan Indo-Pasifik dihadapkan pada ancaman pola pikir yang bersifat ideologis. Itu sekarang ancaman yang paling berbahaya,” katanya

Dalam diskusi itu disebutkan, internet menjadi medium penyebaran paham terorisme yang paling efektif saat ini. Selain strategi yang bersifat menyeluruh, dibutuhkan kerja sama antarnegara, lintas instansi bahkan antara pihak swasta dan pemerintah untuk mengatasinya.

Ryamizard mengatakan, berbagai aktor non-negara berusaha menyatukan dan merasionalisasikan paham asing. Perlu kerjasama yang kuat karena terorisme dilakukan melalui ushaa yang sangat sistematis. ”Ancaman terorisme dan ancaman pola pikir saling terkait. Mereka akan berusaha secara sistematis untuk memengaruhi masyarakat,” pungkasnya.

Sumber: IslamRamah.co dengan judul asli Paham Ekstremisme Disebar Melalui Internet

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here