Kiai Said Aqil Siroj Ajak Umat Islam Dakwahkan Islam yang Moderat

0
84

HARIANSULSEL.COM, Makassar – Islam adalah agama yang menekankan prinsip tasamuh, tawasut, dan I’tidal, yakni sikap dan pemikiran yang senantiasa berada di tengah, tidak condong kanan maupun kiri. Dengan prinsip moderat ini, Islam menjadi agama yang ramah sekaligus meniscayakan perbedaan. Islam yang esensial ini hendaknya senantiasa didakwahkan agar Islam benar-benar hadir bagi umat.

Ketua Umum PBNU, Prof Dr Kiai Said Aqil Siroj mengajak umat Islam di manapun berada agar menyampaikan Islam yang moderat. Hal itu penting karena perkembangan pemikiran intoleran, terutama di media sosial makin semarak. “Kapan pun, dalam kondisi apa pun, kita tetap memberikan, menyampaikan Islam tasamuh, Islam tawasuth (moderat). Islam wasathiyah itulah yang namanya Islam kaffah,” kata Kiai Said di Gedung PBNU, Jakarta Pusat, Rabu (10/7).

Kiai Said mengatakan, Islam moderat dapat terus ada dan kuat jika didukung kecerdasan intelektual umat Islamnya. Kiai Said lantas menyebut beberapa contoh nama yang telah berjasa dalam membangun Islam moderat. “Inilah yang saya sebut tadi contoh kecil beberapa ulama yang berhasil membangun wasathiyah fil Islam (moderatisme Islam):aqidatan (akidah), wasyariatan (syariat), wakhulukan (akhlak), wasiyasiyan (politik), maka terbangunlah peradaban wasiyatul Islam,” ucap kiai alumnus Universitas Ummul Qura Mekkah, Arab Saudi itu.

Kiai asal Cirebon itu juga mengingatkan bahwa sikap dan pemikiran moderat adalah ruh dari agama Islam. “Islam moderat jauh dari radikalisme dan jauh dari liberalisme. Tetap menjaga prinsip wasatiyah, modern, moderat, tidak radikal, dan tidak liberal. Tetap berjalan di atas ruhul Islam, tapi dinamis, progresif, dan selalu memberikan andil besar, sumbangan terhadap pembangunan kemajuan masyarakat Islam,” pungkasnya.

Sumber: IslamRamah.co dengan judul asli Kiai Said Aqil Siroj: Dakwahkan Islam Yang Moderat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here