Libatkan Stakeholder, DPRD Maros Gelar Uji Publik Ranperda Literasi

0
222

HARIANSULSEL.COM, Maros – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Maros menggelar uji publik ranperda insiatif DPRD tentang ranperda Literasi di baruga B Kantor Bupati Maros, Kamis 20 Januari 2022.

Uji publik ini dipimpin langsung Wakil Ketua DPRD Khaeriah Rahman, dengan melibatkan sejumlah aktifis, tokoh masyarakat dan dewan pendidikan audience.

Dalam sambutannya, Khaeriah Rahman mengatakan, pelaksanaan uji publik ini merupakan salah satu langkah penyempurnaan Perda Insiatif. Hal ini bertujuan untuk menyamakan persepsi terkait isi ranperda tersebut.

Dikatannya lebih lanjut, kai ini baru tahap uji publik. Disinilah tempat menyamakan persepsi dan menerima saran dan masukan dari tokoh masyarakat, terkait isi dari Ranperda Insiatif yang akan dibuat nantinya.

Menurut Politikus PAN ini, untuk menyempurnakan Ranperda menjadi Perda harus melalui beberapa tahapan, termasuk tahapan uji publik ini.

Dia mengatakan, berdasarkan hasil uji publik ini, ada beberapa masukan yang diterima dari peserta uji publik. Salah satunya datang dari Anggota Dewan Pendidikan Jaya. Menurutnya, anggota dewan pendidikan tersebut meminta penyederhanaan isi Ranperda. Dia mengatakan, sleuruh masukan dari peserta uji publik ini akan menjadi PR bagi tim perumus dan penyususn naskah akademiknya.

Sementara itu, Ketua DPRD Maros Patarai Amir menambahkan, ranperda literasi merupakan ranperda insiatif DPRD yang dirancang sejak akhir 2019 lalu. Dan telah dimasukkan dalam Prolegda. Hanya saja karena pada waktu itu, terjadi masa pandemi, maka molor hingga saat ini.

Dia mengatakan, dengan hadirnya ranperda ini, pihaknya menginginkan, masyarakat kabupaten Maros bisa lebih menggiatkan gerakan membaca. Dengan menjadikan membaca bukan hanya sebatas kewajiban, tapi sebagai kebutuhan.

salah satu peserta uji publik ranperda Insiatif literasi, Iwan Dento menjelaskan, pihaknya mengusulkan untuk menambahkan ekoliterasi serta literasi gambar. Mengingat di kabupaten Maros ada beberapa peninggalan purbakala berupa gambar, dan bukan tulisan yang ditinggalkan manusia purba di bebapa gua yang ada di Maros (rls)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here