Memasuki Tahun Politik, Ini Pesan Kiai Said Aqil Siroj

0
33

HARIANSULSEL.COM, Makassar – Persatuan dan kesatuan merupakan anugerah yang diberikan oleh Allah Swt yang harus dijaga kelestariannya. Indonesia sebagai negeri yang beragam, terdiri dari beraneka macam perbedaan juga harus dijaga persatuannya agar terhidar dari segala bentuk perpecahan. Menjaga persatuan dan kesatuan sesungguhnya menjaga amanah yang diberikan Allah Swt dan sebagai bentuk pertanggungjawaban manusia sebagai khalifah-Nya di muka bumi ini.

Selaras dengan hal itu, Kiai Said Aqil Siroj berulangkali mengingatkan kepada masyarakat agar senantiasa menjaga persatuan. Hal itu penting karena persatuan tidak hanya keniscayaan, melainkan perintah Allah yang harus diupayakan terwujud. “Kita sudah berkali-kali secara struktural sampai ke bawah berpesan agar menjaga persatuan dan kesatuan,” kata Kiai Said di Gedung PBNU, Jakarta, Senin (31/12).

Dalam konteks memasuki tahun politik 2019, Kiai Said meminta masyarakat agar menghargai pilihan politik yang berbeda. Masyarakat hendaknya tidak menjadikan perbedaan pilihan politik sebagai perpecahan karena perbedaan sejatinya rahmat yang harus disyukuri. “Soal pilihan terjadi perbedaan itu soal biasa, rutinitas demokrasi lima tahun. Yang penting perbedaan jangan menjadi perpecahan,” jelas Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama itu.

Kiai asal Cirebon, Jawa Barat itu menambahkan bahwa Indonesia dikenal dunia sebagai negeri mayoritas berpenduduk Islam yang ramah dan moderat. Karena itu menurut kiai Said hendaknya kita tidak mencoreng nama baik Islam hanya karena perbedaan pilihan politik. “Indonesia merupakan umat Islam yang beradab, berbudaya, berakhlakul karimah. Itu yang paling penting. Prinsip agama itu akhlak, moral,” pungkasnya.

Sumber: islamramah.co dengan judul yang berbeda Kiai Said Aqil Siroj: Jaga Persatuan Dan Kesatuan Bangsa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here