Tanamkan Kecintaan kepada Nabi, PAC Ansor Bantimurung Gelar Program Belajar Maulid Al Barazanji

0
82

HARIANSULSEL.COM, Maros – Pengurus Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Bantimurung menggelar program belajar membaca Maulid Al Barazanji.

Ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap hari minggu, rabu & kamis setiap pekan, Kata Wakil Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Bantimurung, Lukman sesuai keterangannya, Senin, 10 Januari 2022.

Kegiatan ini sudah berlangsung selama empat kali pertemuan, yang dilaksanakan di Lingkungan Tompobalang, Kelurahan Kalabbirang, Kecamatan Bantimurung.

Kegiatan belajar barazanji ini bertujuan untuk mempertahankan dan mengembangkan syiar Islam melalui tradisi pembacaan maulid barazanji serta menanamkan kecintaan terhadap Nabi Muhammad saw, melalui pemahaman sejarah yang ada dalam kandungan Kitab Barazanji, jelasnya.

Lukman yang merupakan inisiator program ini menegaskan bahwa mempelajari dan mengkaji kembali kitab Al barazanji harus dilakukan oleh generasi muda Nahdlatul Ulama, agar faham isi kandungannya.

“Pembacaan Barazanji ini merupakan kebiasaan masyarakat kita di bugis-makassar dalam berbagai momen bahagia atau momen bersejarah, seperti memperingati Maulid Nabi Besar Muhammad saw, Berangkat Haji, Acara Pengantin, Aqiqah, masuk rumah, naik jabatan, beli kendaraan baru dan masih banyak lagi momen bahagia lainnya.” tambahnya.

Lukman juga berharap, belajar barazanji bukan hanya sekedar sebagai tradisi di momen bahagia atau bersejarah saja barazanji dibacakan, namun, barazanji harus dimaknai sebagai sejarah Nabi Muhammad yang sangat berharga, karena akan menjadi spirit perjuangan ummat islam dengan meneladani Nabi Muhammad saw.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here