Dosen Unibos Lakukan Pengembangan Pantai Wisata di Pinrang

0
36

HARIANSULSEL.COM, Pinrang – Dosen Universitas Bosowa (Unibos) kembali melakukan pengabdian masyarakat. Kali ini digelar degan dilaksanakannya pendampingan pengembangan pantai wisata berbasis edukasi di Desa Wiring Tasi Kecamatan Suppa Kabupaten Pinrang oleh Dr. Cahyono, SE.,M.Si (Fakultas Ekonomi & Bisnis) dan Dr. Ir. Murshal Manaf, T.,MT (Prodi Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota), Kamis (15/10/2020).

Kegiatan yang difokuskan di Dusun Lero ini dilaksanakan dengan beberapa target pencapaian termasuk meningkatnya kesadaran masyarakat tentang potensi wisata yang dimiliki suatu daerah, pengembangan usaha kecil menengah untuk area sekitar lokasi wisata, meningkatkan pendapatan masyarakat dengan pemanfaatan fasilitas pariwisata setempat, membuka lapangan kerja yang lebih luas dan kesejahteraan masyarakat meningkat.

Hal tersebut turut diutarakan salah satu Tim Dosen Unibos Dr. Cahyono, SE.,M.Si. “Selain harapan diatas, kami laksanakan kegiatan ini dengan beberapa proses seperti mengoptimalisasikan potensi kekayaan alam yang ada dilokasi tersebut. Dengan ini kami bisa membantu lokasi tersebut menjasi Kawasan daerah wisata pantai, membantu pendapatan perekonomian masyarakat, mengurangi angka pengangguran dan tentunya pelatihan-pelatihan yang kami berikan kami fokuskan untuk peningkatan kualitas usmber daya manusia. Karena sebagai akademisi, kami hanya mendapingi, membantu membukakan jalan untuk menjadikan peluang sebagai hal yang positif, selebihnya tetap berpatokan pada kemampuan masyarakat”, tuturnya.

Beberapa target sasaran pengembangan desa wisata untuk dilakukan pendampingan ini ditujukan kepada para kelompok nelayan, anggota rumah bamboo pintar, para masyarakat khususnya kaum muda, dan juga pemerintahan. Beberapa program yang saat ini telah dilaksanakan yaitu pembuatan site plan pamntai wisata, pembangunan wc umum 2 unit untuk lokasi wisata, pembuatan gazebo bagi pengunjung, pembuatan kursi terapung, masker bagi setiap pengunjung wisata, pembuatan pakaian seragam bari para siswa rumah bambo pintar yang akan menjadi generasi penerus untuk pengelolaan lokasi wisata. (and/hariansulsel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here