Pemda Halteng Kirim Kafilah MTQ Nasional Maluku Utara TC di Jakarta

0
327

HARIANSULSEL.COM, Jakarta – Pemerintah Daerah Kabupaten Halmahera Tenggah Mengirim Kafilah MTQ Nasional Provinsi Maluku Utara untuk Training Camp (TC) di Jakarta dalam dalam rangka mempersiapkan para peserta untuk mengikuti ajang Musabaqah Tilawatil Qur’an Nasional ke XXVIII tahun 2020 yang akan dilaksanakan di Provinsi Sumatera Barat pada tanggal 12-21 November 2020.

Kepala Bagian Kesra Setda Halteng Yusuf Hasan yang diberi mandat oleh Bupati Halteng Edi Langkara untuk mendampinggi Peserta MTQ Nasional Provinsi Maluku Utara melaksanakan TC di Jakarta , Yusuf Hasan mengatakan bahwa TC yang dilaksanakan oleh Kabupaten Halmahera Tenggah kepada peserta yang juara Tilawah Al-Quran Tingkat Provinsi ini merupakan implementasi dari komitmen Pak Bupati Halteng, sebagaimana yang beliau sampaikan dalam sambutan pada acara penutupan MTQ tingkat Provinsi Maluku Utara pada tanggal 21 September lalu di Bumi Fagogoru Weda. Pak Bupati mengatakan siap untuk memfasilitasi para peserta Tilawah yang Juara 1 untuk latihan di Ternate ataupun di Jakarta dengan mendatangkan para pelatih-pelatih nasional.

Kabag Kesra, Yusuf Hasan menambahkan bahwa Pelaksanaan Training Camp sendiri dilaksanakan selama 17 hari dimulai tanggal 30 September sampai dengan 16 Oktober 2020 di Mes Pemda Halmahera Tengah yang beralamat di Cempaka Putih Tengah Jakarta Pusat. Selain Mess yang memiliki fasilitas seperti hotel, Pemda Halteng juga memperhatikan kondisikan kesehatan peserta Training Camp dengan memberikan kebutuhan gizi yang baik, agar peserta tetap sehat dan bugar selama mengikuti TC di Jakarta.

Adapun peserta yang dibawa ke Jakarta dalam rangka TC adalah sebanyak 12 orang termasuk peserta yang juara pada tingkat Kabupaten Halteng untuk menimba ilmu di TC dalam rangka meningkatkan kualitas dan kemampuan seni baca Al-Qur’an qori-qoriah Fagogoru.

Dalam pelaksanaan TC tersebut, Pemda Halteng mendatangkan para pelatih Tilawah Al-Qur’an Nasional dan Para Qori-Qoriah Juara Internasional untuk melatih para peserta MTQ Malut yang akan mengikuti MTQN di Sumbar November nanti.

Para pelatih Nasional dan Qori-Qoriah Internasional yang di datangkan oleh Pemda Halteng dalam rangka TC tersebut diantaranya KH Muhammad Ali/Buya Ali, KH. Achmad Muhajir, Ustadzah HJ Mawaddah Abbas, H Darwin Hasibuan,S.Pd.I dan Hj. Mastia Lestaluhu, S.Sy.MA. Pada TCersebut pula para peserta didampinggi oleh 2 pelatih Tilawah dari Maluku Utara yaitu KH. Taha Kotu, BA, dan KH. Arsyad Salasa.

Kabag Kesra mengungkapkan bahwa harapan besar Bupati dan Wakil Bupati Halmahera Tengah Insya Allah dengan TC ini para Qori dan Qoriah bisa berkompetensi di Tingkat Nasional bahkan sampai ke tingkat Internasional. Bupati dan Wakil Bupati Halteng berkomitmen bahwa TC ini bukan sebatas ini saja, namun akan dilaksanakan secara berkelanjutan tiap tahun oleh Bupati dan Wakil Bupati Halteng baik persiapan MTQ maupun STQ mulai tingkat Provinsi sampai Nasional.
Salah satu Peserta TC Ilma Muchsin, yang merupakan juara 1 Tilawah Dewasa Putri MTQ Prov Malut yang diboyong TC di Jakarta mengungkapkan kegembiraanya bisa diberikan kesempatan oleh Pemda Kabupaten Halteng untuk menimba ilmu secara langsung pada pelatih-pelatih Nasional di Jakarta yang selama hanya bisa dengar lewat kaset dan lihat di youtube.

Dalam kesempatan itu pula, Ilma mewakili para peserta TC yang lain mengucapkan ribuan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Halmahera Tenggah, Bapak Bupati Halteng Edi Langkara, Bapak Wakil Bupati Halteng Abdul Rahim Odeyani, dan Kabag Kesra Bapak Yusuf Hasan yang begitu perhatian kepada kami para peserta MTQ Cabang Tilawah Al-Qur’an yang akan mengikuti ajang MTQ Nasional di Sumatera Barat dengan melaksnakan serta memfasilitasi seluruh perjalanan dan tempat tinggal selama Trening Camp di Jakarta. Dengan TC yang dilaksnakan oleh Pemda Halteng ini, maka kami makin siap untuk mengikuti MTQ Nasional nanti, pangkas Ilma. (rls/hariansulsel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here