Libatkan Masyarakat Desa Balbar, Prodi Tadris Biologi FTIK IAIN Ternate Laksanakan PkM

0
71

HARIANSULSEL.COM, Sofifi – Program studi Tadris Biologi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Ternate melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan tema pengembangan Desa Berkah berbasis ABCD (Asset Based Community-driven Development). Kegiatan tersebut dilaksanakan berkolaborasi dengan warga Desa Balbar selama dua hari, yaitu Senin 5 Oktober sampai dengan Selasa 6 Oktober 2020.

Kegiatan yang melibatkan 13 warga desa Balbar tersebut dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan IAIN Ternate, Dr. Radjiman Ismail, M.Pd, turut hadir dalam kegiatan tersebut juga kepala Desa Balbar, Amir Abdullah, S.PdI., Ketua BPD Balbar Budiman Abd. Kadir, S.Ag. dalam sambutannya Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Ternate Dr. Radjiman Ismail, M.Pd menyampaikan bahwa kegiatan PKM yang dilaksanakan ini merupakan bagian dari pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi yakni pengabdian kepada masyarakat.

Selain itu, Kepala Desa Balbar Amir Abdullah, S.PdI dalam sambutannya menyampaikan bahwa pihaknya menyambut baik program yang dilaksanakan oleh program Studi Tadris Biologi FTIK IAIN Ternate di Desa Balbar, karena masyarakat bisa belajar bersama para dosen dalam pengembangan desa. Amir juga menuturkan bahwa selama ini belum ada perguruan tinggi yang menerjunkan langsung para dosen dalam melakukan kegiatan-kegiatan seperti ini, kecuali IAIN Ternate.

Dr. Sukardi Abbas selaku koordinator TIM Kemitraan Universitas Masyarakat memberikan gambaran pelaksanaan kegiatan ini, yakni pemetaan Aset yang dilakukan oleh warga, kemudian melahirkan rekomendasi kepada pihak desa dalam penyusunan program pembengunan desa Balbar ke depan.

“Adapun beberapa item rekomendasi yang dihasilkan warga dalam FGD tersebut adalah Literasi Qur’an, Pengembangan Ekowisata Pantai, dan Literasi Teknologi.
Dalam kegiatan tersebut juga disertai dengan penandatangan MOU antara Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Ternate dan Desa Balbar dalam pengembangan masyarakat Desa Balbar Kec. Oba Utara.” (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here