Peserta Qoriah Termuda Ini Raih Juara I MTQ XXVIII Tahun 2020 Kota Ternate

0
3437

HARIANSULSEL.COM, Ternate – Qoriah Ilma Muchsin Meraih Juara 1 pada MTQ Ke XXVIII Kota Ternate tahun 2020 Musabaqah Tilawatil Qur’an Ke XXVIII Kota Ternate tahun 2020 resmi berakhir pada tanggal 21 Februari 2020 yang ditutup langsung oleh walikota Ternate DBurhan Abdurahman, yang dirangkaikan dengan pengumuman para juara yang akan mewakili Kota Ternate dalam ajang tingkat Provinsi.

Dalam ajang tersebut, Qoriah Ilma Muchsin utusan kecamatan Ternate Tengah keluar sebagai terbaik pertama (juara 1) pada cabang Tilawah Dewasa Putri sehingga berhak mewakili Kontingen Kota Ternate dalam ajang MTQ Tingkat Provinsi Maluku Utara yang rencananya digelar pada bulan April 2020 di Weda Kabupaten Halamahera Tenggah.

Yang menarik, Ilma Muchsin merupakan peserta Qori’ah termuda yang masih berusia 24 tahun diantara peserta Qori dan Qori’ah lainnya dalam cabang lomba Tilawah Dewasa pada ajang Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke XXVIII tahun 2020 tingkat Kota Ternate yang dilaksanakan pada tanggal 16-21 Februari 2020 di gedung Duafa Center.

Kemampuan qori’ah muda kelahiran Lolobata ini dalam melantunkan ayat-ayat suci Al-Quran tak diragukan lagi oleh masyarakat Ternate khususnya dan Maluku Utara pada umumnya, karena merupakan Juara 1 tingkat Nasional pada ajang Pekan Tilawatil Qur’an RRI Tahun 2018 yang dilaksanakan di Sumenep Madura, dimana dalam ajang tersebut Ilma Muchsin bersaing dengan 65 peserta Qori’ah-Qori’ah terbaik perwakilan RRI seluruh Indonesia.

Dalam wawancara khusus dengan media ini di sela-sela penutupan MTQ Tingkat Kota Ternate 2020 Di Duafa Center Jumat 21 Februari 2020, ilma menyampaikan rasa syukur yang tak terhingga pada Allah Subhanahu Wata’ala yang memeberikan ia kemampuan tilawah Al-Quran.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa dalam rangka MTQ 2020 ini, beliau mempersiapkan diri sampai berlatih di Rumat Tilawah Al-Quran Al-Mursyiddin Kota Makassar bersama Qoriah Qoriah Nasional dan Internasional asal Sulawesi Selatan. Sekembalinya dari Makassar Ilma mengasah kemampuan dan ilmu yang didapatkan dengan terus berlatih pada Gurunya KH. Taha Kotu BA, dan Fatma Salasa S.Ag yang merupakan tante sekaligus Guru Tilawahnya semenjak masih kanak-kanak sampai sekarang.

Istri dari akademisi IAIN Ternate yang juga kandidat Doktor Universitas Muslim Indonesia Makassar ini mengatakan bahwa prestasi dalam ajang MTQ ini diraih tak semuda membalikan telapak tangan, dibutuhkan latihan yang giat dan intens serta harus senang berbagi ilmu dengan yang lainnya agar ilmu yang kita dapatkan menjadi barokah serta akan terus bertambah.

Ilma Muchsin sebagai salah satu Qoriah Nasional yang dimiliki Provinsi Maluku Utara saat ini mempunyai segudang prestasi semenjak kanak-kanak sampai saat ini dalam ajang PTQ RRI, STQ, dan MTQ tingkat Kabupaten/Kota dan Tingkat Provinsi Maluku Utara sehingga selalu mengikuti ajang MTQ Tingkat Nasional.

Dalam ajang MTQ tahun 2020 ini, Ilma Muchsin menargetkan menjadi yang terbaik pada tingkat Nasional sehingga beliau mengatakan akan berupaya terus berlatih serta memohon dukungan dan do’a dari Masyarakat Kota Ternate agar ia bisa meraih juara 1 tingkat Provinsi serta kembali mewakili Provinsi Maluku Utara di tingkat Nasional yang akan dilaksanakan di Provinsi Sumatera Barat. (rls/hariansulsel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here