Konferensi Internasional Pertama Unibos, Dihadiri 100 Pemakalah dari Lima Negara

0
45

HARIANSULSEL.COM, Makassar – Jurnal atau artikel ilmiah berstandar internasional kini memang menjadi satu tantangan yang harus dipenuhi bagi mahasiswa, peneliti maupun tenaga pengajar. Dimana jurnal internasional menjadi salah satu corong kualitas bagi penulisnya, perguruan tinggi yang bersangkutan dan juga memperlihatkan kualitas pendidikan dan sumber daya manusia.

Dalam rangka meningkatkan kuantitas dan kualitas jurnal internasional, Universitas Bosowa (Unibos) gelar konferensi internasional pertama. Konferensi ini dilaksanakan di Ballroom lantai 2 Fourpoint Hotel Makassar, Sabtu (30/11/2019).

Pada konferensi internasional ini, Unibos menghadirkan 100 pemakalah dari kalangan mahasiswa dan dosen dari lima negara termasuk Indonesia, Jepang, Jerman, Malaysia dan Australia. Dalam kesempatan ini Unibos juga menggelar kegiatan dengan bekerjasama Teknik Sipil Universitas Hasanuddin, Universitas Negeri Makassar dan Institut Teknologi Sumatera.

Untuk membedah tulisan ilmiah yang akan di submit ini, Unibos turut menghadirkan beberapa pemateri. Seperti Rektor Unibos Prof Saleh Pallu, selaku keynote speaker, dan beberapa invited speaker seperti Prof Ofyar Tamin, (Rektor Institut Teknologi Sumatera), Prof Dt Dr Omar Bin Shawkataly (Universiti Sains Malaysia), Dr Akira Tai (Kyushu University of Japan), dr Lanita Winata, MBA (Griffith University of Australia) juga Dr Timo Duile (Bonn University of Geman).

Ketua panitia, Dr Natsir Abduh dari Fakultas Teknik Unibos menuturkan maksud kegiatan ini diselenggarakan. “Selain ini masih rangkaian dies natalis ke 33 tahun Unibos, kegiatan ini juga kami gelar untuk meningkatkan publikasi ilmiah yang mendorong kemajuan publikasi dalam bidang pendidikan di Indonesia. Kedepan hasil dari konferensi ini artinya ada 100 publikasi ilmiah yang akan kami submit untuk terindeks scopus. Untuk konferensi internasional pertama ini kita mengangkat tulisan yang berfokus pada sains, teknologi dan agriculture research yang diikuti dari beberapa perguruan tinggi dari beberapa negara”, ungkapnya.

“Disini tentunya para pemakalah atau penulis dapat saling berbagi informasi dan ilmu terkait bidang publikasi yang di presentasikan dalam konferensi ini”, tambahnya.

Selain itu Rektor Unibos juga berharap kegiatan ini dapat memberi manfaat bagi penulis dan khusus Unibos akan memberi peningkatan kualitas perguruan tinggi. “Dalam konferensi ini saya berharap tidak saja menghasilkan penelitian dan publikasi ilmiah dalam bidang yang diangkat saat ini tetapi juga menjadi suatu karya yang dapat menyatukan pemikiran secara ilmiah dari berbagai dunia industri dengan dunia riset. Semoga iptek dan inovasi karya anak bangsa tetap terus tercipta sebagai bentuk jawaban kita terhadap tantangan dan persaingan secara global”, ungkap Prof Saleh Pallu. (rls/and)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here