Mahasiswa Ilmu Politik UINAM Gali Relasi PKB dan NU

0
104

HARIANSULSEL.COM, Makassar – Mahasiswa Jurusan Ilmu Politik Universitas Islam Negeri Alauddin Makasar melakukan kunjungan Kuliah Lapangan di Kantor DPW PKB Sulawesi Selatan pada senin 2/12/2019.

Rombongan yang terdiri dari 40 orang mahasiswa tersebut diterimah oleh Pengurus DPW PKB diantaranya Ismail Manggaga, Mustafa Umar, Umar Lauma, Herban Baba, dan Andi Indra Hardianti.

Kuliah Lapangan ini menggali bagaimana pandangan PKB sebagai salah satu Partai Islam di Indonesia dan Politik Islam.

Ismail Manggaga yang juga mantan Ketua PKC PMII Sulsel ini mengungkapkan bahwa sebagai partai Islam dan memiliki garis geneologi dengan NU. Maka PKB tidak terpisah secara ideologi, historis maupun aspiratif dengan NU.

Seluruh tata nilai, spirit dan strategj politik PKB merupakan cerminan utuh dari nilai-nilai dan spirit kebangsaan yang dimiliki oleh NU, Yaitu menjaga NKRI, menjunjung tinggi perbedaan (Pluralisme) dan memastikan demokrasi sebagai jalan paling mungkin untuk menata kehidupan politik dan ekonomi yg berkeadilan dan bermanfaat bagi kemaslahatan umat. Ujarnya

PKB meskipun basisnya adalah Islam namun sejak awal partai ini didirikan bukan semata sebagai partai Islam tapi partai yang sangat Nasionalis dan pluralis, dan semuanya tertuang secara jelas dalam Platform partai yang disebut ” Mabda Siyasih” PKB.

Mustafa Umar “Meski PKB adalah partai Islam namun secara struktur dan partai modern, partai ini banyak memiliki sayap partai dan simpatisan milenial seperti yang tergabung dalam Garda Bangsa, Perempuan Bangsa dan Gema Saba. (*/awl)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here