Polibos Asah Keterampilan Mahasiswa Melalui Program Praktikum Industri

0
55

HARIANSULSEL.COM, Makassar – Karier dalam industri perhotelan merupakan peluang yang menjanjikan, mengingat tingginya minat pariwisata yang semakin merebak, sebab itu mahasiswa sebagai calon professional perlu melengkapi diri dengan sejumlah persiapan kerja sebelum terjun langsung ke lapangan.

Untuk meningkatkan profesionalitas, Mahasiswa program studi DIII Perhotelan Politeknik Bosowa (Polibos), melakukan Program Praktikum Industri (PPI) disejumlah hotel-hotel berbintang.

Industri perhotelan sendiri mencakup bidang kerja variatif dan membutuhkan keterampilan yang terlatih, tidak sekedar kemampuan melayani melainkan kemampuan komunikasi dan interpersonal yang baik.

Tak hanya itu saja, selain mendapatkan pengalaman langsung di industri mengenai profesionalisme kerja, peluang karir serta motivasi, mahasiswa juga diberi dukungan dari praktisi hotel sehingga mereka memiliki optimisme yang besar bahwa sektor pariwisata masih menjadi sektor menjanjikan ke depannya.

Hijriyahty Rum, salah satu mahasiswa Angkatan 7 Prodi Perhotelan saat ini sedang menjalankan PPI di Hotel Novotel Grand Shayla City Centre yang merupakan hotel bintang 4,berlokasi di Jl Chairil Anwar No 28 Sawerigading Makassar.

“Saat ini saya sudah PPI yang kedua kali, setelah PPI pertama saya merasa lebih percaya diri untuk menjalankan tugas yang diberikan, apalagi di era new normal sejumlah hotel sudah mulai ramai dengan tetap menjalankan protokol kesehatan. rasanya senang dapat melayani lebih banyak orang sambil melatih keterampilan hard skill maupun soft skill seperti manajemen waktu serta bagaimana bekerja di bawah tekanan,” ungkap gadis yang akrab disapa Ijhe, Jumat (19/11/21).

Sebelum keluarnya istilah Kampus Merdeka, Merdeka Belajar, Politeknik Bosowa termasuk Prodi Perhotelan telah menjalankan konsep magang industri selama 2 semester yang dimana mahasiswa Diploma III kuliah selama 6 semester, 33% waktunya akan dihabiskan mengikuti program PPI.

Bahkan, saat kuliah di kampus selama 4 semester, mahasiswa Perhotelan akan menghabiskan 1 bulan setiap semesternya untuk praktik langsung di hotel, khususnya hotel-hotel milik Bosowa Group seperti Hotel Aryaduta Makassar dan Novotel Grand Shayla City Centre.

Ketua Program Studi Perhotelan Polibos, Dewi Andriani S.ST , M.Par menuturkan harapannya agar industri pariwisata global bisa lebih siap dengan konsep new normal dan masyarakat telah memiliki sistem pertahanan kuat terhadap virus Covid-19, sehingga mahasiswa dapat kembali melaksanakan magang di 2 negara selama pendidikan.

“Kewajiban mahasiswa mempersiapkan diri menjadi seorang professional di bidang perhotelan dan kelak bisa berkarir ditingkat nasional maupun internasional pada industry yang dinamis dan menantang,” tutur Dewi yang juga Asesor Pariwisata Nasional. (and/hariansulsel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here