Dosen Unibos Kembangkan Pupuk Bokasi dari Limbah Teh dan Kotoran Sapi

0
84

HARIANSULSEL.COM, Maros – Tim Dosen Universitas Bosowa (Unibos) kembali melakukan pengabdian masyarakat. Dalam pengabdian ini, dosen Unibos termasuk Dr.Ridwan,ST.,M.Si (Ketua), Dr.Ir.A.Zulfikar Syaiful,MT (Angggota), M.Tang,ST.,M.Pkim (Anggota) dan Sudarman,ST.,MT (Anggota) melakukan Pengembangan Usaha Pupuk Bokasi dari Limbah Ampas Teh dan Kotoran Sapi. Kegiatan ini turut dilakukan sebagai bentuk Program Pengembangan Desa Mitra (PPDM) Tahun 2020, Kamis (22/10)

Kegiatan ini dilakukan di Desa Minasa Baji Kecamatan Bantimurung Kabupaten Maros bekerjasama dengan Kelompok Tani Madina yang saat ini diketuai oleh Abd.Aziz,SP.

Tentunya kegiatan ini dilaksanakan dengan beberapa tujuan seperti meminimalisir limbah ampas the untuk menjadi lebih bermanfaat, mengurangi pencemaran lingkungan akibat limbah ampas teh dan meningkatkan pendapatan masyarakat kelompik mitra.

Hal tersebut juga dituturkan oleh ketua tim Dr.Ridwan,ST.,M.Si. “Kami lakukan kegiatan ini sebagai bagian dari tri dharma perguruan tinggi yaitu pengabdian masyarakat. Dengan harapan kedepan kami dapat membantu masyarakat petani dalam kebutuhan pupuk bokasi. Selain itu juga agar para petani terhindar dari kandungan kimia sehingga aman untuk mengkonsumsi hasil pertanian dengan maksimal”, tuturnya.

Selain pelatihan, tim dosen Unibos juga memberikan beberapa sumbangsi kepada mitra. Termasuk pengadaan alat mixer dan bahan dalam pembuatan pupuk bokasi. (and/hariansulsel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here