Hadirkan Pakar Ekonomi Syariah, FSEI IAIN Ternate Gelar Seminar Sehari

0
110

HARIANSULSEL.COM, Ternate – Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IAIN Ternate mengadakan seminar hukum dan ekonomi Islam yang bertema Ekonomi Syariah dalam Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi Maluku Utara di Era Revolusi Industri 4.0, Selasa (15/10) bertempat di Aula Rektorat IAIN Ternate.

Hadir sebagai pemateri Wakil Rektor I Universitas Islam Makassar Prof Arfin Hamid dan Dekan FSEI IAIN Ternate Dr Basaria Nainggolan.

Dalam sambutan, Rektor IAIN Ternate Dr Samlan Ahmad mengungkapkan, “Era digitalisasi hari ini tentunya harus disikapi secara serius, khususnya umat Islam, bagaimana melakukan usaha yang disesuaikan dengan era hari ini.”

Namun sebagai umat Islam harus selalu melakukan inovasi pada sistem ekonomi berbasis syariah. Ungkapnya

Dalam paparannya, Arfin Hamid mengungkapkan realitas praktek ekonomi di Indonesia, konsep ekonomi secara umum, konsep ekonomi Indonesia, hukum ekonomi Islam (Syariah) yang memiliki objek, proses, jenis, dan output sama yakni memiliki kelayakan, berbasis profit, ada prospektif, kesempatan, sah/legal, prosedural, adapun yang membedakan dengan konsep Ekonomi Syariah yakni ada konsep halalal tayyiban, tazkiyah yang sarat akan nilai, etik dan moral.
Sehingga bisa dikatakan ekonomi berbasis syariah jika dimaknai ekonominya maka bisa diarahkan ke konsep ekonomi konvensional, namun jika syariah dimaknai maka bisa diarahkan konsep ekonomi berbasis Qur’ani dan Assunnah.

Kemudian saya berharap para pimpinan Bank Syariah yang hadir untuk tidak melupakan peran Ulama ada MUI, NU, Muhammadiyah dan ormas Islam lainnya, khususnya dalam peran membangkitkan ekonomi syariah. Ungkapnya.

Disisi lain Dekan FSEI IAIN Ternate Dr Basaria mengungkapkan materi tentang tentang peluang dan tantangan ekonomi syariah di Maluku Utara dalam menghadapi era revolusi Industri 4.0. (and)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here