Tim Monev LLDikti XII Maluku dan Maluku Utara Kunjungi Kampus Aikom Ternate

0
110

HARIANSULSEL.COM, Ternate – Rombongan LLDIKTI wilayah XII Maluku dan Maluku Utara yang dipimpin langsung oleh Sekertaris LLDIKTI XII, bapak Dr. Jantje Eduard Lekatompessy, SE, M. Si, AK., CA kunjungi Kampus Akademi Ilmu Komputer Ternate atau AIKOM dalam rangka Asesemen dan Monitoring Evaluasi (MONEV). Diterima langsung oleh Direktur Aikom Bapak Ir. Moh. Muzni Harbelubun, ST., MT di ruang kerjanya didampingi Pembantu Direktur I, II dan III beserta ketua program studi dan ketua LPM/LPPM, Tim monev langsung memasuki ruangan pertemuan kampus dan memulai proses Monev tepat pukul 09. 00 pagi WIT, Sabtu (23/10)

Monev sendiri bagi kampus atau satuan pendidikan merupakan bagian penting untuk melihat secara langsung keberhasilan sesuai tujuan dan rencana yang telah dibuat, selain itu monev juga adalah bagian dari pengawasan untuk melihat tolak ukur keberhasilan dan kemajuan suatu institusi. Salah satu yang dikonfirmasi oleh Tim adalah LPPM terkait kegiatan Penelitian dan Pengabdian. Tentunya untuk bagian ini, dosen Aikom sudah beberapa kali melakukan penelitian dan pengabdian, baik itu Hibah Kementrian ataupun Hibah Kampus dan Penelitian Mandiri. Khusus penelitian mandiri tahun 2020 ini, 12 judul penelitian dan 6 PKM didanai oleh kampus.

Saat ini, dosen Aikom menargetkan Lolos Hibah Penelitian sebanyak kurang lebih 3o Judul dari beberapa SKIM, diantaranya Penelitan Dosen Pemula dan Program Kemitraan Masyarakat, suatu upaya yang perlu untuk diapresiasi. Selain LPPM, Akreditasi, Jurnal dan Kegiatan kewirausahaan bagi mahasiswa juga menjadi bahan Monev di kegiatan ini. Untuk Akreditasi, tentunya untuk program studi semuanya sudah terakreditasi, dan selanjutnya kampus sedang menuju Akreditasi Institusi yang saat ini sedang di godok oleh Tim Borang. Terkait Jurnal, Aikom punya dua Jurnal, Jilkominfo dan Jam info, Keduanya sedang dalam pengajuan akreditasi Sinta (Target Sinta 1).

Terus berkembang, AIKOM saat ini mengelola 2 program studi, Manajemen Informatika dan Teknik Informatika dan telah terakreditasi BAN-PT, terkait Monev, civitas akademik telah mempersiapkan berkas pendukung jauh hari sebelumnya, hal ini dilihat dari kesibukan sivitas akademika AIKOM beberapa hari ini. Bahkan rapat persiapan untuk menyambut Tim ini dipimpin langsung oleh Direktur Aikom. AIKOM berharap dengan adanya kegiatan ini, diharapakan bisa memotivasi sivitas akademik untuk terus bekerja, dan melaksanakan Tri Dharama Perguruan Tinggi dengan maksimal, sehingga kampus dengan Motto “Bersama Aikom Mewujudkan Kompetensi Berbasis Komputerisasi” bisa terwujud. Untuk diketahui, saat ini dosen Aikom yang sudah tersertifikasi (SERDOS) sebanyak 5 orang dan beberapa dosen sudah mengusul untuk pengajuan sertifikasi selanjutnya. Untuk yang sudah punya Jabatan Fungsional, sebanyak 16 orang dosen sudah Asisten Ahli, dengan rincian Manajemen Informatika 7 orang, Teknik Komputer 9 orang.

Tahun ini, Kampus Aikom menerima mahasiswa baru sebanyak 160 mahasiswa dan telah dilantik secara online dan resmi bergabung dengan kampus komputer ini, mereka terbagi dalam 2 prodi, 63 mahasiswa baru untuk prodi Manajemen Informatika dan 97 untuk prodi Teknik Informatika. Yang menarik dari penerimaan mahasiswa baru tahun ini adalah Aikom mengratiskan pendaftaran bagi calon mahasiswa tersebut, hal ini tidak lepas dari program Gratis SPP yang telah diluncurkan oleh kampus tersebut. Selain beasiswa gratis tersebut, Aikom juga masih mempunyai beberapa beasiswa yang bisa diambil oleh mahasiswa, diantaranya adalah Bidik Misi atau sekarang menjadi KIP.
Pelaksanaan MONEV ini sendiri Alhamdulillah berjalan lancar dan sukses. Terimaksih buat LLDIKTI wilayah XII dan sukses terus buat Aikom. (As/hariansulsel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here