AIKOM Jadi Tuan Rumah Kegiatan Ekoji Goes to Campus Tahun 2020

0
133

HARIANSULSEL.COM, Ternate – Kampus Akademi Ilmu Komputer Ternate (AIKOM), Sabtu, 07 November 2020 sukses gelar kegiatan yang bertajuk “Ekoji Goes to Campus”. Kegiatan yang merupakan program lanjutan dari Arubalympics atas inisiasi Para Rajawali 34 yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia ini berbagi pengetahuan melalui Kuliah Umum Tingkat Nasional Secara Daring dengan Tema “IoT untuk Transportasi Masa Depan”. Rajawali 34 sendiri merupakan komunitas yang anggotanya adalah dosen yang disiplin ilmunya fokus di bidang teknologi informasi dan kampus AIKOM Ternate adalah salah satu anggota dari komunitas tersebut.

Dalam Sambutanya, Wakil Direktur III Bid. Kemahasiswaan, Bapak Ilham Djufri, MT yang juga secara resmi membuka kegiatan mengapresiasi kegiatan ini, menurutnya, Maluku Utara, Ternate pada khusunya adalah daerah kepulauan sehingga kebutuhan tentang hadirnya Internet of Things (IoT) dianggap bisa mengakomodir kebutuhan masyarakat, tak terkecuali transportasi masa depan. Wadir III juga mengucapkan terimakasih kepada panitia pelaksana yang telah bekerja maksimal hingga kegiatan ini bisa berlangsung.
Dalam paparannya, Prof. Richardus Eko Indrajit, tokoh sekaligus pakar Teknologi Informasi yang merupakan narasumber dalam kegiatan kuliah umum ini memaparkan secara terperinci mengenai IoT dan Masa Depan Sektor Transportasi Darat. Dalam uraianya, beliau memaparkan problem transportasi darat saat ini, diantaranya keselamatan penumpang, kenyamanan dalam berkendara, kelancaran mengemudi, kemudahan dalam beraktivitas, disiplin dalam berkendara hingga hemat energi. IoT sendiri dalam revolusi industri 4.0 dan society 5.0 menurut beliau adalah usaha untuk menyelesaikan masaalah sosial secara ekonomis melalui integrasi dunia fisik dan siber. Diakhir materinya, beliau mengajak seluruh mahasiswa dan Dosen AIKOM untuk berkolaborasi melakukan penelitian dibidang ini, dan himbaunya pun mendapat angin segar dari unsur pimpinan Aikom yang ikut dalam seminar daring tersebut.
Diharapkan dari kegiatan ini, wawasan mengenai teknologi, internet dan dunia transportasi masa depan bisa bertambah dan tentunya menjadi acuan bagi mahasiswa, khususnya dosen AIKOM untuk terus berinovasi. Selamat buat AIKOM dan Rajawali 34 atas terselenggaranya acara ini. (rls/hariansulsel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here