Tingkatkan Mutu Pendidikan, IAIN Ternate Datangkan Profesor Jerman

0
118

HARIANSULSEL.COM, Ternate – Guru besar Universitas Boon Jerman Prof Dr Hans Jorg Jacobsan mengunjungi IAIN Ternate dalam rangka Program Visiting Profesor-Senior Experten Service bertempat di Aula Rektorat Institut Agama Islam Negeri Ternate, Selasa (30/7).

Saat ini Prof Hans sejak tahun 2004 tercatat sebagai staf pengajar di Universitas Northeastern Boston. Kedatangan Prof Hans di IAIN Ternate mulai 29 Juli – 14 Agustus, selain berbagi pengalaman mengajar juga untuk pengembangan media dan bahan ajar berbasis Botani.

Dalam sambutannya Rektor IAIN Ternate yang diwakili Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerja Sama Dr Adnan Mahmud dalam sambutannya, “Kegiatan ini sebagai bentuk kerjasama PTKIN dengan Senior Experten Service (SES), selain untuk menambah wawasan keilmuan dosen Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan juga untuk pengembangan media dan bahan ajar serta meningkatkan mutu dan akreditasi prodi.”

Kedepan kegiatan SES ini tidak hanya melibatkan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan saja, melainkan Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam serta Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah. Kegiatan kerja sama ini sudah dilaksanakan selama dua tahun terakhir.

Kegiatan ini tidak semua PTKIN berhasil mendapatkan Program Visiting Profesor-Senior Experten Service ini, tercatat di Indonesia hanya dua IAIN yakni IAIN Ternate dan IAIN Gorontalo, selebihnya adalah UIN.

Kemudian dalam sambutan Prof Hans Jorg Jacobsan mengungkapkan Program Visiting Profesor-Senior Experten Service ini merupakan program kerja sama Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Islam Kementerian Agama dan Yayasan SES yang bergerak dalam pemberian layanan keahlian (expert services) kepada lembaga-lembaga yang membutuhkan bantuan konsultasi dan pelatihan keterampilan.

“Yayasan SES ini didanai oleh perusahaan-perusaahan di Jerman dan pemerintah Jerman sendiri.”

Kedatangan saya di IAIN Ternate untuk berbagi pengalaman 20 tahunan menjadi reviewer di Perguruan tinggi di Negara-Negara maju, sebagai kordinator peneliti Biiologi di Jerman, dan memberikan pengetahuan tentang bagaimana memperbaiki pembelajaran biologi khususnya di IAIN Ternate.

Disisi lain selaku Dekan FTIK Dr Radjiman Ismail berharap kepada seluruh Dosen FTIK untuk mengikuti kegiatan ini, tentunya banyak sekali info dan pengalaman yang bisa kita bagi dan peroleh dari kedatangan Prof Hans di IAIN Ternate.

Tampak hadir Wadek I FTIK Ramli Yusuf, Wadek II FTIK Mubin Noho, Wadek III FTIK Suryani Hi Umar, selaku penanggung jawab kegiatan SAS yang juga Dosen FTIK IAIN Ternate yakni Muhammad Amri, Lintal Muna, dan Dana Arif Lukmana serta segenap Dosen FTIK dan FSEI. (and)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here